Sosialisasi Dan Edukasi Virus Corona Yang Dilakukan Puskesmas Sipispis dan Pemdes Buluh Duri

Administrator 18 Maret 2020 14:56:58 WIB

Buluh Duri, Sipispis.

Pemerintah desa Buluh Duri bersama Puskesmas Sipispis mengadakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat desa Buluh Duri tentang bahaya dan cara mengantisivasi penyebaran virus yang sedang mewabah di masyarakat. Selasa, 17/03/2020.

Diketahui saat ini masyarakat Indonesia bahkan dunia sedang digemparkan dengan wabah yang disebabkan oleh virus yang bernama Covid-19 atau dengan nama lain yaitu virus corona. Virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini biasa menyerang kepada siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, maupun ibu hamil. Infeksi virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Corona virus  adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Untuk gejala yang mungkin terjadi akibat virus corona biasanya, deman, kelelahan dan batuk kering, sakit kepala, sesak napas, dan hasil labor yang menyatakan terinfeksi virus corona.

Dijelaskan oleh tim dokter dari puskesmas Sipispis, bagaimana cara penularan virus ini. Virus ini dapat menular antar manusia secara terbatas, dan tidak dapat transmisi penularan antar manusia secara luas dan berkelanjutan. Dan bagaimana tindakan untuk pencegahannya, untuk pencegahannya yaitu ; berperilaku hidup bersih dan sehat, selalu mencuci tangan setelah adanya kontak fisik, tidak menyentuh hidung dan mulut setelah adanya kontak fisik, menghindarai kontak dengan orang lain  yang diduga sakit, dan apabila ada gejala demam segera berobat ke puskesmas terdekat.

Tidak hanya Covid-19 atau virus corona yang sedang mewabah di Indonesia tetapi ada juga penyakit yang kurang disadari oleh masyarakat Indonesia yaitu TBC. TBC adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TBC (Mycobakterium Tubercolosis) untuk penyakit ini dipastikan dengan pemeriksaan dahak. Untuk pencegahan penularan bagi penderita TBC adalah meminum obat secara teratur sampai selesai ( 6 bulan ), menutup mulut saat bersin atau batuk, dan tidak meludah disembarang tempat.

Untuk memberantas TBC ini pemerintah kabupaten Serdang Bedagai membuat suatu program dengan nama TOSS, TOSS adalah singkatan dari T ; Temukan, O ; Obati, SS ; Sampai Sembuh. Semoga dengan adanya program ini masyarakat kabupaten Serdang Bedagai bisa bebas dari penyakit TBC terkhusus warga Desa Buluh Duri.

Sebelum mengakhiri sosialisasi dan edukasi ini kepala desa Buluh Duri ibu Dewi Yanthi Purba berpesan agar masyarakat desa Buluh Duri “jangan panik dangan adanya wabah yang sedang ramai diperbincangkan, tetaplah berperilaku hidup bersih dan sehat, jaga kesehatan, dan jika ada gejala-gejala segara lapor kepuskesdes desa Buluh Duri.”

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung